1 Muharram di Pengungsian Rohingya

1 Muharram di Pengungsian Rohingya

‘4 dari 8 anak saya telah tewas mengenaskan, rumah dibakar, terusir dari tanah kelahiran, hanya sempat membawa pakaian yang ada di badan selain rasa haus dan lapar’.

1 Muharram di Pengungsian RohingyaMungkin itu yang ingin ia ceritakan kepada saya. Seorang lelaki paruh baya yang tinggal di salah satu titik pengungsian etnis Rohingya di wilayah Balongkali Bangladesh.

Ia tunarungu. Namun dari nanar matanya seolah ingin menjerit. Gerakan tangannya tampak lemas, tapi tidak menyurutkan keinginannya bercerita. Tak beralaskan kaki dan beberapa kancing baju lusuhnya pun terlepas. Saya memang tidak berhasil tahu siapa namanya, tapi saya yakin bahwa ia yang berdiri tepat dihadapan siang tadi adalah alasan saya untuk berada di sini.1 Muharram di Pengungsian Rohingya

Saya tidak sendiri, ada 4 kawan lagi yang berasal dari beberapa organisasi kemanusiaan asal Indonesia yang bertugas mendistribusikan temali peduli #LoveRohingya atas nama Indonesia Humanitarian Alliance (IHA), Dompet Dhuafa salah satunya. Jarak lokasi pengungsian tersebut dengan kamu di Jakarta, saya kira memiliki jarak yang sama antara Kota Padang dengan Jayapura. Di bawah terik matahari siang ini ada sekitar ratusan ribu orang tak berdosa yang membutuhkan uluran tangan kita semua yang bertahan hidup kawasan penuh genangan a1 Muharram di Pengungsian Rohingyair kotor.

Selain kebutuhan dasar hidup yang siap didistribusikan, set up sanitasi danshelter yang lebih layak sudahlah tertulis di dokumen yang saya bawa di dalam tas. Untuk segera diwujudkan dalam waktu dekat.

Hari ini, tepat di hari pertama tahun baru, 1 Muharram 1439 H menguat rasa ingin menemui putra tersayang dan berkata ‘Uang jajan yang sudah kamu sisihkan untuk membantu Rohingya minggu kemarin, sungguh dibutuhkan, sebesar apapun bantuan kita.. akan meringankan beban yang dideritanya. Ayah menyaksikannya sendiri’

ayo ikut bantu mereka, saudara kita Rohingya melalui : http://bit.ly/loverohingya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *