Bencana besar biasa terjadi pada tanggal dan hari berikut. Waspadalah !!

Bencana besar biasa terjadi pada tanggal dan hari berikut. Waspadalah

Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB pernah menyampaikan informasi kapan biasanya bencana besar di Indonesia terjadi.

Ketika di sela-sela pertemuan di BNPB bersama awak media (29/09), beliau mengatakan “Karena kita menangani bencana ini sudah sering ya. Jadi biasanya bencana-bencana besar yang memakan korban, kejadiannya adalah Jumat sore sampai malam, Sabtu dan Minggu“.

Seperti halnya gempa dan tsunami yang menerjang Donggala dan Palu, beliau menambahkan “selain akhir pekan, rata-rata bencana alam juga sering terjadi di atas tanggal 25“.

Tsunami Aceh, gempa Jogja, tsunami Mentawai, erupsi Gunung Merapi, Jembatan Kukar ambrol, kapal tenggelam, paling banyak adalah kejadian-kejadian weekend dan tanggalnya di atas 25″ Sutopo menambahkan.

Sobat, persoalan musibah atau bencana saya kira kita semua sama-sama yakin bahwa itu misteri Ilahi. Karena semua itu terjadi hanya Tuhan yang tahu. DIA lah Yang Maha Berkehendak.

Sebagai mahluk Tuhan, area yang bisa kita ikhtiarkan ialah dengan terus meningkatkan kewaspadaan atas potensi musibah yang bisa akan menimpa setiap saat.

Di sisi lain, terus berikan dukungan moril dan doa, khususnya kepada pemerintah, BNPB dan para relawan kemanusiaan untuk diberikan keselamatan demi membantu para korban bencana.

Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah‘ QS. Al-Hadiid [57] : 22

Sumber inspirasi: website liputan6 dan informasi BNPB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *