Kenali ciri mainan anak yang bernilai edukatif

Perkembangan teknologi yang sangat cepat dan beranekaragam berdampak pada tumbuh kembang anak. Tidak jarang kita temui anak-anak sudah melek dengan alat komunikasi (smartphone), untuk bermain game online, menonton youtube, browsing informasi di google dan lain sebagainya.

Aktifitas di dunia maya yang berlebih membuat anak-anak saat ini dikenal dengan panggilan “anak digital”, permainan tradisional sudah mulai ditinggalkan akibat beralih ke media online. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi setiap orang tua untuk menjaga anak-anaknya dari pengaruh nKenali-ciri-mainan-anak-yang-bernilai-edukatifegatif internet.

Seperti yang kita ketahui bahwa pengaruh internet bukan hanya bernilai positif namun banyak juga dari sisi negatif. Untuk itu, setiap orang tua perlu tahu alternatif mainan anak yang bernilai edukasi. Mulailah kenali ciri mainan anak yang bernilai edukatif.

Mainan adalah hal yang dibutuhkan anak, karena merupakan hiburan yang menarik, disukai anak, dan terkadang memiliki edukasi bagi anak. Ciri utama mainan edukatif untuk anak adalah mainan bersifat mendidik.

 

Menurut Badru Zaman, dkk (2007:63) mainan yang dikategorikan sebagai alat edukatif yaitu yang memenuhi ciri-ciri seperti:

1. Ditujukan bagi anak
Mainan edukasi harus disesuaikan dari segi bentuk serta fungsinya yang memang benar-benar untuk anak-anak.

2. Berfungsi untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak.
Mainan harus mampu mengembangkan kecerdasan anak, mengembangkan keterampilan dan motorik aKenali-ciri-mainan-anak-bernilai-edukatifnak, mampu mengkoordinasikan bagian-bagian tubuh anak, melatih warna, bentuk dan kreatifitas anak.

3. Dapat digunakan melalui berbagai cara, bentuk dan berbagai tujuan dalam pengembangan atau bermanfaat mutiguna.
Mainan harus multifungsi dan hal lain yang tidak hanya untuk sekedar bermain saja. Mainan harus dimainkan si anak dengan cara si anak sendiri.

 

4. Aman untuk anak
Tentu saja, mainan harus aman digunakan untuk si anak.

5. Dirancang untuk dapat mendorong kreativitas
Mainan yang bernilai edukasi harus dapat mendorong perkembangan kreatifitas si anak.

6. Memiliki sifat konstruktif atau sesuatu yang dihasilkan

Kenali-mainan-anak-bernilai-edukatif

Itulah sedikit penjelasan untuk kenali ciri mainan anak yang bernilai edukatif, semoga informasi ini bermanfaat untuk ada dan jangan lupa untuk membagi info ini kepada teman, kerabat atau saudara jika anda anggap benar-benar bermanfaat.

Sumber: www.abbeltoys.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *