Mainan Kayu Edukatif Meningkatkan Kemampuan Kognitif

mainan kayu edukatif mampu meningkatkan kemampuan kognitif

Apakah anda pernah mendengar istilah kognitif? dan Benarkah bila mainan kayu edukatif mampu meningkatkan kemampuan kognitif si buah hati Anda di rumah

Istilah kognitif berasal dari kata cognition yang artinya mengerti, pengertian. Atau definisi lainnya yaitu suatu proses yang terjadi secara internal di bagian pusat susunan saraf ketika manusia sedang berfikir (Gagne dalam Jamaris, 2006). Atau secara luasnya kognitif yaitu perolehan, penataan dan juga penggunaan pengetahuan (Neisser, 1976).

mainan kayu edukatif mampu meningkatkan kemampuan kognitif

Selain itu, menurut para ahli jiwa aliran kognitifis, atau tingkah laku seseorang/anak itu senantiasa berdasarkan pada kognisi, merupakan tindakan dalam mengenal atau memikirkan situasi dan kondisi dimana tingkah lagi terjadi.

Hal-hal yang menyangkut aktifitas otak, termasuk di dalam kognitif, mulai dari berfikir, mengignat, hingga kemampuan memecahkan masalah yang menuntut untuk menghubungkan serta menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode maupun prosedur yang dipelajari dalam memecahkan masalah tersebut. Sehingga dapat disimpulkan seberapa besar tingkat kemampuan anak, maka sebesar itulah kemampuan kognitif anak.

Kemampuan kognitif itu dapat ditingkatkan, selain diperoleh dari proses pembelajaran di sekolah, juga bisa melalui berbagai cara, seperti dengan menggunakan mainan edukatif. Mainan edukatif jelas memiliki kemampuan dalam melibatkan anak untuk mengoptimalkan kemampuan motorik maupun fisik, selain itu mainan edukatif juga melibatkan aktifitas otak si anak, mainan edukatif yang bisa melibatkan pikiran yaitu Puzzle, Balok Kayu, Maze, Mengenal Bentuk dan lain-lain.

Kognitif memiliki enak tingkatan/jenjang yaitu:mainan kayu edukatif mampu meningkatkan kemampuan kognitif
– Pengetahuan
– Pemahaman
– Penerapan
– Analisis
– Sintesis
– Penilaian/Evaluasi

Melalui mainan edukatif yang diberikan kepada anak, keenam jenjang kognitif di atas dapat dipenuhi oleh anak. Hal ini penting dilakukan oleh orang tua sehingga proses bermain anak dapat juga memiliki dampak positif bagi anak, tidak hanya untuk kegiatan bermain tanpa memiliki nilai positif dan pembelajaran.

Hal ini penting diketahui oleh orang tua, sehingga proses pembentukan kofnitif bagi si anak dapat dilakukan dengan baik, sambil memberikan permainan bagi si anak. Sebagai orang tua tentu harus terus melatih dan mengajari anak kita supaya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Anak yang cerdas dan memiliki kelebihan dari anak lain seusianya tentu merupakan kebanggaan dan kebahagiaan bagi setiap orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *