Rahasia Berumur Panjang

rahasia berumur panjang

Manfaat silaturahmi itu banyak, salah satu manfaat rahasia nya yaitu dapat berumur panjang. Anda percaya?

Silaturahmi juga merupakan kunci sukses, maka tidak jarang kita temui teman-teman yang meraih sukses dengan cepat karena rajin bersilaturahmi.

Di bawah ini merupakan manfaat silaturahmi yang dikutip dari berbagai sumber.

“Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR. Muslim)

rahasia berumur panjang

Selain memperlua rezeki, silaturahmi pun memiliki manfaat lain yaitu Allah SWT akan mengkaruniai kita semua berumur panjang. Seperti yang tertuang dalam hadits:
“Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi.” (HR Imam Bazar, Imam Hakim)
“Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan hubungan silaturahmi.” (HR Imam Muslim)

Sehingga apabila dirangkum dari hadits-hadits di atas, maka manfaat silaturahmi itu adalah:
1. Diluaskan rezekinya
2. Dikenang kebaikannya
3. Dipanjangkan umurnya
4. Khusnul khatomah
5. Kecintaan dalam keluarga
6. Kunci masuk syurga

Lalu, bagaimana membangun silaturahmi yang baik itu?

Tentu saja terlebih dahulu diawali dengan niat, niat utama tentu karena Allah. Tanpa adanya niat karena Allah kita bisa saja mendapatkan manfaat dunia seperti diluaskan rezekinya, akan tetap hanya di dunia saja. Namun jika ingin mendapatkan manfaat dunia dan akhirat, maka niatkan silaturahmi anda hanya kepada Allah, ibadah kepada Allah SWT.rahasia berumur panjang

Akan tetapi, kita pun tidak perlu menafikan manfaat dunia. Karena kita pun perlu berharap memperoleh manfaat di dunia, tapi bukan menjadi niat utama kita. Jika kita tidak boleh mengharapkan manfaat dunia, mengapa Rasulullah menyebutkan itu?

Yang harus dimengerti lagi yaitu bukan silaturahmi yang memperluas rezeki kita, namun Allah lah yang memperluas rezeki kita melalui jalan bersilaturahmi. Seperti halnya doa, bukan doa yang membuat keinginan terkabul, tapi atas kehendak Allah sebagai jawaban dari doa kita.

 

Sudah cukup jelaskah apa manfaat silaturahmi, apakah anda mau memulai untuk sering bersilaturahmi? Jawabannya ada pada diri anda. Selain dapat berumur panjang, tentu tidak ada negatifnya jika anda bersilaturahmi karena setidaknya anda akan menambah teman, menambah keluarga baru. Tentu akan mempermudah hidup kita sebagai makhluk sosial yang terkadang membutuhkan bantuan dan pertolongan orang lain.

One thought on “Rahasia Berumur Panjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *