The Power of Hati Kecil

‘Ikutin aja kata hati’… 
‘hati kecil mah ga pernah bohong’…
‘semua berawal dari hati kecil ini…’
dan kayanya masih banyak lagi ungkapan yang sering kita dengar bahkan mungkin kita sendiri yang mengucapkan, bawa-bawa istilah ‘hati kecil’.
kalo ada hati kecil, berarti ada hati besar dong? hehehe.

tetiba ingat nasihat guru ngaji saya, sudah lama sih.. tapi ngebekas banget nasihatnya sampai sekarang. Tentang hati yang selamat atau qolbun salim.

mau hujan malah steam mobil
Sang guru bercerita tentang sebuah kejadian nyata yang beliau pernah alami.
Suatu sore hari di rumahnya. Hujan mau turun, tapi tiba-tiba hati nya seolah seperti ngajakin untuk men-steam mobil di tempat langganannya. Yaa butuh 10 menit lah kalau ke lokasi steam terdekat katanya. Ketika pas mau menghampiri mobil yang terparkir di bawah pohon halaman rumahnya, sang istri sempat bilang ‘nanti aja dicucinya toh ntar kena hujan lagi, ya basah dan kotor juga’. Guru saya tersenyum menjawab ‘ngga apa-apa, lagi pengen nyuci aja, ga lama koq’.

Kejadian juga akhirnya yang istrinya bilang, belum jauh suami pergi meninggalkan pekarangan dengan mobilnya, hujan pun turun, ditambah angin sedikit kencang, tampak jelas dahan pohon berputar-putar kencang.

tak lama kemudian..
brraagggh
Sang istri sontak segera mencari tahu sumber suara itu. Ternyata berasal dari sebuah batang pohon besar yang jatuh. Dari sebuah pohon besar, tepat di tempat mobil suami nya biasa terparkir di bawahnya.
‘seandainya saja, saya ngga bawa itu mobil untuk disteam, mungkin sudah penyok tertimpa batang pohon yang jatuh karena tak mampu menahan angin kencang ketika hujan itu.. Allahu ‘alam, demikian ustad menutup cerita.

masha Allah.. untung dibawa keluar ya tuh mobil, coba kalau ngga… bisa rusak ringsek ketimpa batang pohon.

The Power of Hati Kecil

pernah mendengar bisikan hati kecil?
pernah ngga tiba-tiba hati kita ngajakin melakukan sesuatu ketika kita lagi pewe. Misal, lagi santai nonton tv, tiba-tiba hati kita ngajakin pengen beli kue di warung tetangga. Atau pas lagi asik bermain di rumah sama anak-anak, tiba-tiba kayanya nih hati ngajakin main atau silaturrahmi ke sahabat lama. Atau kita mungkin pernah juga ngerasain tiba-tiba buka aplikasi Al Quran di smartphone terus tilawah. Padahal niat awalnya pingin ngecek notifikasi pesan WA yang masuk. Kalau itu semua pernah kita ngerasain, ada ajakan hati yang datang tiba-tiba, itu lah yang saya maksud ‘kata hati kecil’. Maka mulai sekarang coba deh mengikuti ajakannya. ga usah mikir ini itu lagi, ga usah nunda ntar-ntaran. Langsung aja…lakuin.

Kata (bisikan) hati kecil kita pada hakikatnya adalah cara Yang Maha Kuasa berkomunikasi dengan kita. DIA ingin kita melakukannya, karena pasti ada kebaikan di dalamnya.. ada sebuah keselamatan untuk kita sendiri. Sebaliknya, kalau kita sering menolaknya…mengabaikannya, karena kita merasa ‘ahh itu cuma perasaan aja, ga usah baper. Maka percayalah.. semakin tebal ‘tembok’ yang memisahkan kita dengan DIA.

Hati kecil, power yang mengajak kebaikan.
lalu bagaimana kalau misalnya hati kita tiba-tiba ingin mengambil barang yang bukan milik kita karena ada kesempatan. Atau hati tiba-tiba ngajakin kita untuk melakukan sebuah maksiat karena merasa pas tidak ada orang lain yang menyaksikan saat itu. Apakah itu juga ajakan hati kecil?. Bukan, itu ajakan nafsu atas dunia belaka, serakah, kesombongan dan lain sebagainya. Karena DIA pasti mengajak yang baik, mengajak tindakan yang tidak menimbulkan kerugian bagi diri kita sendiri bahkan orang lain.

Semoga kita semua termasuk ke dalam kelompok orang-orang yang ketika menghadapNYA kelak dengan membawa hati yang selamat. Teruslah belajar melakukan apa yang diajak hati kecil kita. Ia sederhana dan tidak sulit melakukannya. Namun ia mampu mendekatkan diri ini kepadaNya.

The Power of Hati Kecil
sesungguhnya Allah berinteraksi dengan manusia melalui qalbunya

3 thoughts on “The Power of Hati Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *